Kamis, 20 Desember 2012

MACROMEDIA DREAMWEAVER 8.0


  MACROMEDIA DREAMWEAVER

Macromedia Dreamweaver 8 merupakan alat desain web komprehensif yang disukai oleh para profesional web, tapi cukup mudah untuk web designer awal untuk menggunakan juga. Dreamweaver menggunakan WYSIWYG (apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan) merancang antarmuka yang membuat halaman web semudah mengetik dokumen ke dalam pengolah kata. Program ini juga menawarkan kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan kode halaman web bagi mereka yang nyaman dengan HTML. Intuitif menu, panel dan toolbar memungkinkan pemula dan para pakar untuk menambahkan fitur-fitur canggih ke situs Web mereka dengan mudah.

saat ini, banyak sekali program editor yang bersifat WYSIWYG untuk membuat sebuah halaman web. Dua yang populer adalah Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver.
Kali ini saya akan membahas mengenai Macromedia Dreamweaver saja. Macromedia Dreamweaver adalah program untuk membuat halaman web atau dokumen web. Berbicara dokumen web disini adalah dokumen html. Mungkin anda sudah membaca postingan saya mengenai dasar html yang sederhana. Hal pertama yang harus anda lakukan sudah jelas, yaitu, software Macromedia Dreamweaver harus terinstal dikomputer anda.

anda bisa melihat tampilan Macromedia Dreamweaver dengan mengamati gambar dibawah ini.


kita akan mencoba untuk membuat sebuah halaman web yang sangat sederhana.
anda bisa ikuti langkah berikut.

1. silahkan anda ketik kalimat "saya sedang belajar menggunakan program Macromedia Dreamweaver", di lembar kerja. maka hasil yang didapat adalah seperti gambar dibawah ini.



2. Pada bagian title, anda bisa ganti dengan kata ataupun kalimat lainnya. kenapa?, karena title menunjuk pada nama halaman web anda.

sebagai contoh, disini saya tuliskan, "belajar Macromedia Dreamweaver"



3. langkah selanjutnya adalah anda bisa simpan file tersebut dengan cara klik file, setelah itu klik save atau save as... setelah itu anda bisa pilih folder kerja anda lalu anda ketik nama file yang diinginkan pada filename. Langkah terakhir adalah menekan tombol save. pada contoh ini saya mempergunakan nama belajar-dreamweaver.html



selanjutnya, kita akan mencoba halaman web kita yang pertama di web browser kita.

ada dua cara untuk mencobanya.

yang pertama, melalui Dreamweaver, kita bisa langsung mencoba dengan cara menekan tombol F12 pada keyboard anda (Dreamweaver masih aktif dengan dokumen yang aktif).

yang kedua, kita bisa melakukannya dengan cara membuka web browser kita, lalu klik open, lalu anda bisa cari dokumen html yang telah anda simpan,lalu klik tombolopen. biasanya setiap web browser memiliki menu yang berbeda, tapi tujuannya tetap sama.

kebetulan, disini saya memakai Mozilla Firefox. jadi tampilannya adalah sebagai berikut.

nah jika anda ingin belajar desain web, maka Macromedia Dreamweaver adalah software yang paling tepat untuk membangun halaman web.

Dengan contoh diatas, anda bisa melakukan latihan-latihan sesuai dengan keinginan anda.


Selamat mencoba bro & Sis..Salam ......T.I.......
Teguh wahyudi

1 komentar:

Komentar