Kamis, 20 Desember 2012

Belajar Xampp


XAMPP adalah merupakan paket instalasi webserver yang terdiri dari MySQL, PHP Dengan adanya paket webserver ini sungguh memudahkan bagi kita yang ingin membuat suatu website atau aplikasi web base dengan platform PHP. Kelebihan paket XAMPP adalah terdapat PHP switch didalamnya, hal ini memudahkan untuk menswitch dari php versi 4 .
Info Software Pengembang XAMPP

  • Jenis: Aplikasi Pengembang
  • Fungsi dan kegunaan: Software pengembangan website
  • Target kalangan penggguna: Programmer web
  • Pengembang:
  • Versi terbaru: XAMPP 1.7.7
  • Tanggal rilis: 20 September 2011
  • Halaman info produk:  
 Kebutuhan Sistem & Persyaratan Instalasi XAMPP 1.7.7

  • Sistem operasi: Windows 2000, XP, Vista, 7
  • Kapasitas Harddisk: Minimal 200 MB
Setelah anda mengunduhnya, maka lakukan instalasi dengan cara mengeksekusi/ mengekstrak xampp-win32-1.6.4-installer.exe ke drive C pada partisi windows anda. Setelah selesai melakukan instalasi pastikan di drive C anda terdapat folder bernama xampp (C:\xampp). Lalu pastikan juga bahwa service webserver apache anda telah berjalan dengan baik, buka browser anda dan ketikkan http://localhost/ pada kotak isian URL. Jika service telah berjalan dengan baik maka pada browser anda tampilannya akan seperti dibawah ini.
localhost-xampp
Localhost XAMPP
Dan periksa juga service webserver anda telah berjalan dengan baik, dengan mengaktifkan xampp control panel pada folder xampp di drive C anda.
xampp-service-control
XAMPP service control
Dreamweaver
Dreamweaver 8 (Selanjutnya DW saja) adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan untuk mendesain dan membangun sebuah website atau aplikasi berbasis web .
Dukungan DW 8 terhadap PHP untuk skrip desain seperti CSS juga tak perlu diragukan lagi. Bisa dibilang jika Microsoft VisualStudio.NET baik dalam mendukung platform ASP.NET dan webserver IIS maka DW jagoannya PHP dan webserver . Berikut ini adalah tampilan area kerja pada DW 8.
area-kerja-dreamweaver-cs31
Area kerja Dreamweaver 8
Memulai PHP
Dalam tulisan ini tidaklah dibahas secara mendalam tentang bagaimana membuat suatu website atau aplikasi web database yang canggih dan dinamis (OOP), melainkan hanya dasar saja.  yang baru saja ingin membuat atau mendalami pembuatan website dengan PHP.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya (web server XAMPP), setelah instalasi XAMPP maka di drive C anda terdapat folder XAMPP. Carilah folder bernama htdocs (C:\xampp\htdocs), karena disinilah kita akan menyimpan semua file-file website kita, baik itu yang berekstensi *.php, *.html, *.js serta file-file image yang ikut disertakan di halaman website kita nanti.
folder-htdocs
Folder htdocs
Pada htdocs, buat folder baru dan beri nama belajarphp , di folder ini nanti kita akan memulai latihan membuat PHP. Kita akan mencoba membuat skrip PHP sederhana dan menjalankannya di web browser. Bukalah DW 8, setelah muncul area kerja DW8, pada start menu di tab Create New maka pilih Dreamweaver Site, atau pada taskbar pilih menu site > new site.
memulai-di-dreamweaver-cs3
Memulai di Dreamweaver
Kita akan membuat suatu directory untuk menyimpan file-file PHP yang akan dibuat pada folder belajarphp yang telah kita buat sebelumnya. Ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan gambar dibawah ini
langkah-1
Langkah 1
Langkah 1 (Editing Files) Isikan saja belajarphp sesuai dengan folder/ directory yang telah kita buat sebelumnya (C:\xampp\htdocs\belajarphp), lalu klik next.
langkah-2
Langkah 2
Langkah 2 (Editing Files, Part2) aktifkan pilihan Yes, dan pilihlah PHP MySQL, lalu klik next
langkah-3
Langkah 3
Lagkah 3 (Editing Files, Part ), , browser dan carilah directory belajarphp yang telah kita buat sebelumnya dalam folder htdocs (C:\xampp\htdocs\belajarphp), lalu klik, next.
langkah-4
Langkah 4
Langkah 4 (Testing Files) pilih Local/ Network  , lalu cari directory belajarphp (C:\xampp\htdocs\belajarphp) pada pilihan beri tanda check pada Refresh remote file list automatically, lalu klik next.
langkah-5
Langkah 5
Langkah 5 (Testing Files, Part 2), pada isian  Ketikan http//localhost/belajarphp/, alamat URL inilah yang nantinya akan kita akses untuk dapat melihat tampilan PHP yang kita buat di web browser. Klik Test URL apabila sukses maka muncul pesan bertuliskan The URL Prefix test was successful, klik OK, lalu klik next
langkah-6
Langkah 6
Langkah 6 (Sharing Files), biarkan default, langsung saja klik next, maka anda telah berhasil membuat directory dimana nanti kita akan menyimpan file-file website kita. Lihat informasi yang tertera di Summary (Gambar Hasil akhir).
hasil-akhir
Hasil akhir
Untuk menguji berhasil atau tidaknya directory yang telah dibuat, silahkan buka browser anda, lalu ketikan http://localhost/belajarphp/ pada URL, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
akses-di-browser
Akses di browser
Sekarang cobalah buat sebuah halaman yang di dalamnya terdapat skrip PHP, lalu simpan saja dengan nama hello.php. Buka aplikasi DW anda, pada taskbar pilih file > New, lalu pilih PHP dan klik tombol create.


Selamat mencoba bro..Salam ......T.I.......
Teguh wahyudi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar